Skip to main content

Piktogram Olimpiade Tokyo 2020

Piktogram menjadi salah satu item yang sangat vital perannya selama olimpiade berlangsung. Setiap gelaran olimpiade mempunyai jenis piktogram yang berbeda dengan penyelenggara di tahun-tahun sebelumnya.

Tokyo 2020 sendiri sudah menerbitkan secara resmi piktogram tersebut yang akan digunakan untuk berbagai keperluan, termasuk papan tanda di tempat kompetisi, dekorasi di sekitar Tokyo, dan pada produk resmi berlisensi, poster dan tiket, serta dalam buku panduan.

Dibuat oleh desainer Jepang Masaaki Hiromura, piktogram mewujudkan keunikan dan atletis dari setiap olahraga, dan menyoroti dinamika atlet.

Mereka dirancang sesuai dengan tema Tokyo 2020, “Innovation from Harmony”, dan tentu saja terinspirasi dari piktogram asal yang diperkenalkan pertama kali pada Olimpiade Tokyo 1964.

Hiromura memimpin tim desainer pada proyek tersebut, yang membutuhkan waktu hampir dua tahun untuk menyelesaikannya. Dengan 33 cabang olahraga di Tokyo 2020, beberapa olahraga memiliki lebih dari satu piktogram, dengan total 50 desain semuanya.

Hiromura mengatakan: “Merupakan kehormatan nyata untuk berpartisipasi dalam desain piktogram olahraga Tokyo 2020.”

“Saya telah mencoba untuk mengekspresikan keindahan dinamis para atlet melalui piktogram ini, sambil menghormati warisan yang diwariskan oleh para perintis industri desain Jepang dalam desain mereka untuk olimpiade Tokyo 1964.”

“Saya berharap piktogram ini akan menginspirasi semua orang dan membantu menghasilkan kegembiraan untuk berbagai olahraga di Tokyo 2020,” ungkap Hiromura.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *