Skip to main content

Cara Uninstall Chromium Sampai Ke Akarnya

Saat anda menginstall suatu aplikasi, kadang ada beberapa aplikasi bawaan yang terinstall bersamaan. Hal ini sering terjadi pada orang yang masih awam dengan dunia komputer, termasuk saya sendiri.

Dalam kasus yang saya temui, ada aplikasi bernama Chromium yang terinstall saat saya menginstall aplikasi pengedit video. Lalu, apa sebenarnya Chromium itu?

Pengertian Chromium

Menurut artikel dari Jalantikus, Chromium adalah:

Chromium adalah jenis open-source web browser yang dikembangkan dan dikelola oleh The Chromium Project. Chromium juga dapat dijalankan di multiplatform seperti Google Chrome.

Kalau kamu adalah seorang programmer, kamu bisa banget mengutak-atik Chromium dan membuat browser versimu sendiri.

Sayangnya, karena dikembangkan secara open-source, ada beberapa Chromium yang secara tidak sengaja terkandung malware di dalamnya.

Dari pengertian di atas, jelas Chromium tidak dibutuhkan oleh pengguna komputer awam seperti saya, bahkan cenderung mengganggu.

Sayangnya, menghapus Chromium tidak semudah yang dibayangkan. Menggunakan menu uninstall di Control Panel tidak menyelesaikan masalah, karena akar-akarnya masih ada.

Begitu juga menggunakan tools uninstall di Ccleaner juga tidak membantu.

Cara ampuh uninstall Chromium dan menghapusnya sampai ke akar-akarnya adalah dengan menggunakan aplikasi khusus untuk menguninstall program bernama Revo Uninstaller.

Revo Uninstaller

Meskipun tersedia Revo Uninstaller Pro yang berbayar, untuk menghapus Chromium hingga ke akarnya cukup menggunakan aplikasi Revo Uninstaller yang Free.

Adapun cara uninstall Chromium dan menghapus semua tentang Chromium hingga ke akarnya adalah sebagai berikut:

  1. Install Revo Uninstaller
  2. Cari dan pilih Aplikasi yang akan diuninstall, kemudian klik “Uninstall” di menu bagian atas
  3. Jalankan uninstaller bawaan aplikasi yang sudah diaktifkan oleh Revo Uninstaller, dan biarkan proses uninstall berjalan sampai selesai
  4. Langkah selanjutnya, scan sisa-sisa file aplikasi yang masih tertinggal, jangan buru-buru restart komputer meskipun ada notifikasi agar segera restart untuk membersihkan sisa-sisa file
  5. Pilih “Select All” kemudian klik “Delete”, lanjutkan di halaman yang muncul setelah tahap delete pertama selesai dengan langkah yang sama
  6. Selesai

Untuk lebih jelasnya, silakan ikuti cara sesuai gambar di bawah ini:

1. Klik Aplikasi yang akan diuninstall, lalu klik menu “Uninstall” di tab bagian atas
2. Uncheck “System Restore Point” terutama untuk aplikasi yang menyebalkan
3. Segera akan muncul tampilan sistem uninstall bawaan aplikasi, silakan klik “Yes” hingga proses uninstall selesai
4. Jika proses uninstall selesai, lanjutkan ke menu scan dari Revo Uninstaller untuk mencari sisa-sisa aplikasi yang masih belum terhapus. Jika sebelum proses ini ada notifikasi windows untuk restart, ignore saja
5. Jika sudah discan, pilih “Select All” untuk semua leftover, dan klik “Delete”
6. Pilih yes, maka proses uninstall aplikasi menyebalkan hingga ke akar-akarnya sudah selesai

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *