Skip to main content

Cara Mengatasi Error 403 pada Google Drive

Seringnya mengunduh file dari sumber google drive terkadang menimbulkan suatu masalah tersendiri, salah satunya adalah error 403. Error 403 Google Drive ini biasanya terjadi (berdasarkan pengalaman penulis) akibat terlalu sering file tersebut diunduh dalam waktu yang berdekatan.

Google drive error – 403. That’s an error. We’re sorry, but you do not have access to this page. That’s all we know

Tampilan error 403 google drive

Untuk mengatasi error tersebut antara lain dengan cara sebagai berikut:

1. Bersihkan Cache

Cara yang paling mudah adalah membersihkan cache browser anda, entah itu chrome, mozilla, edge maupun safari. Adapun cara membersihkan cache bisa anda lihat di artikel lain. Risiko dari cara ini adalah, semua history yang tersimpan dalam browser anda akan terhapus, yang menurut penulis adalah sebuah risiko yang sangat besar dan tidak mengtuntungkan.

2. Gunakan Browser Lain

Jika anda sedang mengunduh melalui Google Chrome, maka anda bisa mengcopy link lokasi download file anda dan buka di browser lain, misal: Microsoft Edge, Mozilla Firefox, atau Safari. Selanjutnya, ikuti proses sebagaimana diarahkan oleh browser baru anda.

3. Buka melalui Mode Penyamaran/Incognito

Cara lain yang bisa dipakai adalah dengan membuka link lokasi download file google drive anda pada new window (jendela baru) browser anda melalui mode penyamaran atau incognito. Dengan metode ini, kekurangannya adalah anda terpaksa harus login ulang ke akun google drive anda untuk bisa mengunduh file tersebut.

4. Deactivate Add-ons atau extension browser

Beberapa extension atau add-ons browser bisa bentrok dengan code yang dikeluarkan oleh google drive anda. Menon-aktifkan ekstensi atau add-ons tersebut di beberapa kasus bisa mengatasi error 403 google drive yang anda alami, tapi untuk kasus ini terbilang jarang terjadi.

Mana yang paling efektif? Menurut penulis, dengan membuka link di browser baru atau jendela baru mode penyamaran/incognito adalah yang paling efektif dan efisien. Penulis sendiri lebih prefer untuk menggunakan cara ketiga atau membuka file melalui jendela baru mode penyamaran/incognito.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *